Trik NEGOSIASI dengan Klien….

Dalam buku Roger Fisher dan William Ury berjudul Getting to Say Yes, mengungkapkan agar negosiasi berhasil dengan baik, harus mengetahui 4 dasar negosiasi, yaitu ; !

1) pisahkan antara pelaku dengan masalah, 2) focus pada kepentingan, bukan posisi, 3) ciptakan pilihan untuk hasil yang mutual (saling menguntungkan), 4) tekankan pada criteria yang bersifat objektif.

Untuk itu sebelum anda melakukan negosiasi, ada baiknya kita menyimak 15 hukum negosiasi, yaitu:

1. Ingat selalu bahwa segala sesuatu dapat dinegosiasikan

Kembangkan sebanyak mungkin hal atau ide pokok yang dapat dinegosiasikan dan jangan lupa untuk segera menciptakan ide pokok yang baru apabila anda dan anggota kelompok lainnya mengalami jalan buntu pada satu ide pokok tertentu.

2. Kristalisasikan visi anda mengenai kesepakatan tersebut

Pihak yang dapat memvisualisasikan hasil akhir, umumnya merupakan pihak yang memimpin jalannya perundingan.

3. Persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu

Dapatkan sebanyak mungkin informasi yang bisa di dapatkan sebelumnya supaya anda yakin bahwa anda memahami betul nilai dari pengadaan perindingan tersebut.

4. Ajukan pertanyaan

Penjelasan informasi yang tidak anda mengerti. Tentukan, baik itu kebutuhan implisit maupun eksplisit dari pihak lawan.

5. Mendengar

Ketika anda mendengar dengan baik, anda tidak hanya mendapatkan ide-ide baru untuk menciptakan hasil win-win tetapi membuat lawan bicara anda merasa bahwa mereka diperhatikan dan dihargai.

6. Tentukan target untuk setiap kesepakatan

Definisikan tingkat penerimaan minimum untuk setiap kesepakatan. Jika bagi anda tidak cukup jelas apa tujuan anda sendiri , hal itu akan menguntungkan pihak lawan untuk mendikte kemauannya seraya memberi kita konsesi yang minim.

7. Targetkan aspirasi anda setinggi mungkin

Jadikan aspirasi anda seaakan-akan menjadi satu-satunya faktor terpenting didalam menentukan hasil akhir dari perundingan tersebut.

8. Kembangkan pilihan-pilihan dan strategi

Anda harus memiliki sejumlah alternatif yang dapat diterima. Negosiator yang sukses adalah mereka yang memiliki strategi yang baik untuk dapat mengubah pilihan-pilihan mereka menjadi kenyataan.

9. Berfikir layaknya seekor lumba-lumba

Lumba-lumba adalah satu-satunya hewan yang dapat berenang didalam laut yang penuh dengan hiu. Lumba-lumba mampu mengadaptasikan strategi- strategi dan kebiasaanya pada lawan mereka.

10. Jujur dan adil

Di dalam hidup ini, segala sesuatu akan selalu berputar. Tujuan yang ingin dicapai didalam menciptakan hasil win-win adalah agar kedua pihak dapat merasa bahwa kebutuhan dan tujuan mereka masing-masing telah tecapai.

11. Jangan pernah menerima penawaran pertama

Sering kali, pihak lawan akan memberikan menawaran yang menurut mereka pasti anda tolak hanya untuk melihat seberapa kuat pemahaman anda terhadap hal pokok.

12. Rundingkan dengan kekuatan/kuasa jika memungkinkan

Jika hal tersebut tidak mungkin , setidaknya ciptakan penampilan yang berkuasa.

13. Temukan apa yang diinginkan oleh pihak lawan

Jangan menyerah terlalu cepat. Menyerah terlalu dini akan membuat lawan bicara anda beranggapan bahwa anda mungkin dapat menerima hal-hal lainnya diluar tuntutan anda.

14. Kooperatif dan bersahabat

Hindari sikap menjilat ataupun terlalu frontal, yang sering kali menggagalkan negosiasi.

15. Gunakan kekuatan kompetensi

Seseorang yang berfikir bahwa untuk berkompetisi dengan bisnis anda adalah sesuatu yang penting akan berkenan untuk memberikan lebih dari apa yang mereka maksudkan pada mulanya.

Seni negosiasi tidak hanya berlaku pada kalangan pebisnis saja tapi juga merupakan sebuah keahlian yang berharga untuk diajarkan pada setiap kalangan, termasuk kita yang seorang mahasiswa.

Sumber : Majalah Paras edisi 49 hal. 60

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: