TIPS DAN TRIK DALAM MERAWAT BAN

Untuk mendapatkan kinerja maksimal, ban harus dirawat dengan baik. Berikut panduannya :

  • Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas pembebanan dan kecepatannya.
  • Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pada masing-masing penggunaan. Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan, namun banyak pengguna motor yang tidak memperhatikannya.
  • Kadang terjadi penurunan tekanan yang disebabkan oleh tutup pentil yang tidak terpasang dengan baik. Usahakan selalu memasang pentil dalam kondisi bersih dari debu dan tutup dengan tutup pentil yang sesuai. Tutup pentil akan memcegah masuknya kotoran, dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan.
  • Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam), usahakan saat mengganti ban dengan yang baru, ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu. O ring yang sudah mengeras biasanya mudah retak sehingga mengakibatkan kebocoran.
  • Jika anda menggunakan rim/velg biasa dengan jari-jari, pastikan karet pelindung rim dalam keadaan bagus. Karet pelindung rim adalah karet yang berfungsi melapisi bagian dalam rim yang terdapat tonjolan kepala jari-jari sehingga menjaga ban dalam agar tidak rusak karena tonjolan tersebut.
  • Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0,8 mm. Jangan menunggu ban benar-benar gundul.
  • Disarankan saat mengganti ban luar, ban dalam juga diganti bersamaan. Ban dalam yang sudah lama dipakai , walaupun belum pernah bocor, sudah meregang dan jika diasukan ke dalam ban luar yang baru bisa saja tidak pas sehingga tidak dapat berfungsi secara maksimal. Ban dalam juga disarankan diganti apabila sudah banyak tambalan.
  • Stel kembali kelurusan roda setiap kali roda belakang dilepas agar ban tidak mengalami keausan yang tidak merata.
  • Berkendaralah dengan baik. Terlalu sering berakselerasi dan juga sering melakukan pengereman mendadak  dapat memperberat kerja ban sehingga akan mengurangi umur pakai ban.
  • Jika anda mempunyai ban yang tidak akan langsung dipakai , simpanlah dalam tempat yang dingin dan gelap. Sinar matahari dan panas akan mempercepat degradasi kualitas karetnya.

Dengan sedikit perhatian yang lebih , diharapkan didapatkan manfaat yang optimal pada motor kita….

Selamat mencoba,,, ^_^

Sumber : Majalah tarompet edisi 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: