Bisa gak sih berhenti merokok ??

Semua orang sudah tahu bahaya yang ditimbulkan akibat merokok. Tetapi, perilaku pelaku tak pernah surut. Lihat saja dalam kehidupan sehari-hari, seperti di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum, maupun di jalan-jalan, hampir setiap saat dapat dijumpai orang merokok.

Kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Dalam asap rokok terdapat 4.000 zat kimia berbahaya, dua diantaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik. Racun dan karsinogenik yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu kanker. Asap yang keluar dari pembakaran mengandung gas-gas beracun seperti karbon monoksida dan larutan kimia lainnya. Karbon monoksida akan menurunkan kemampuan tubuh dalam membawa oksigen yang dapat menimbulkan risiko penyakit jantung.

Untuk memberikan selera yang diharapkan perokok, pabrik selalu menambahkan zat tambahan agar rasa dar rokok itu bisa memenuhi keinginan konsumen. Hal itulah yang menyebabkan perokok sangat sulit meninggalkan rokok karena ketergantungan pada nikotin.

Mengapa seorang yang masih berusia muda (remaja) sudah mulai merokok ??

1. Pengaruh orang tua

Seorang perokok muda mengaku ia berasal dari keluarga yang tidak bahagia. Tidak ada perhatian dari orang tuanya dan sering memberikan hukuman fisik yang keras. Yang pengaruhnya paling kuat adalah bila orang tua sendiri perokok berat. Seorang anak akan lebih tertarik mencoba  apabila di sekelilingnya ada seorang perokok berat.

2. Pengaruh teman

Berbagai fakta mengungkapkan, semakin banyak teman-teman yang merokok, maka semakin besar kemungkinan kita menjadi perokok juga.

3. Faktor kepribadian

Remaja pada zaman sekarang umumnya mencoba merokok karena alasan “ingin tahu” atau ingin melepaskan diri dari rasa sakit fisik maupun jiwa, membebaskan diri dari kebosanan. Namun, sifat kepribadian yang pada awalnya hanya mencoba-coba justru mengarahkan mereka pada hal-hal yang negatif.

4. Pengaruh iklan

Melihat penampilan iklan  di media cetaj maupun elektronik yang menampilkan gambar bahwa perokok adalah lambang kedewasaan atau kejantanan sering kali membuat seseorang terpicu untuk mengikuti perilaku seperti yang ada dalam iklan tersebut.

Gimana caranya untuk berhenti ??

Untuk menghilangkan kebiasaan merokok itu memang cukup sulit.

Tahap pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah motivasi. Dengan menumbuhkan rasa motivasi dalam diri kita untuk berhenti atau tidak mencoba untuk merokok akan membuat kita mampu tidak terpengaruh godaan merokok yang datang dari teman, media massa, atau kebiasaan keluarga/ orangtua.

Harus ada kemauan !!

Mulailah fikirkan hari dimana kita akan mecoba berhenti merokok. Sadarlah bahwa nanti kita akan merasa marah, terganggu, dan rasa ingin merokok sangat kuat. Itulah efek nikotin. Dia akan mengganggu kita seperti anak kecil. Jado cuekin aja!!. Seperti anak kecil, kalau dicuekin, ia akan bakal pergi dengan sendirinya.

Cari gimana caraya kita bisa lewatin waktu seharian tanpa merokok. Mungkin dengan mengunyah permen karet, main ps, atau yang lainya yang membuat tangan dan mulut kita sibuk.

Hindari teman-teman yang selalu mendorong kita untuk merokok.

Kalau tips ini gagal….

Jangan khawatir. Coba renungkan kenapa kita gagal. Pikirkan bagaimana kita bisa menang lain waktu.

Dan jangan takut buat coba lagi !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: